Warga Kampung Pematang Rambai, Kec. Kuala Mandor A, Kubu Raya, Kecam Jebolnya Tanggul Penampungan Limbah Sawit PT. Pundi Lahan Khatulistiwa (PLK).

Warga Kampung Pematang Rambai, Kec. Kuala Mandor A, Kubu Raya, Kecam Jebolnya Tanggul Penampungan Limbah Sawit PT. Pundi Lahan Khatulistiwa (PLK).

Mitragalaksi.com, Kubu Raya, Kalbar. Warga Kampung Pematang Rambai Hulu, RT 02 dan RT 03, RW 03, Desa Kuala Mandor A, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya mengeluhkan limbah pengelolaan sawit PT. Pundi Lahan Khatulistiwa yang telah mencemari air parit yang sehari-sehari selalu digunakan warga sekitar untuk MCK. Tercemarnya air parit tersebut akibat jebolnya tanggul limbah pengelolaan sawit yang ada di PT. Pundi Lahan Khatulistiwa beberapa waktu lalu.

Warga mengakui bahwa selain menimbulkan bau yang tidak sedap air yang tercemari oleh limbah itupun menjadi berubah warna menjadi biru kecoklatan bahkan mengakibatkan gatal-gatal jika air tersebut digunakan untuk mandi.

Mat Nawi salah seorang warga mengatakan bahwa sejak jebolnya tanggul pengelolaan limbah sawit PT. Pundi Lahan Khatulistiwa, tersebut air parit yang biasanya digunakan warga menjadi tercemar akibat limbah tersebut, sedangkan air parit yang telah tercemar itu merupakan satu-satu sumber mata air yang dipakai warga sekitar untuk mandi, mencuci dan lainnya.

“Sejak tercemar akibat limbah pengelolaan sawit PT. Pundi air sudah tidak bisa kami gunakan lagi karena selain bau , air yang tercemar itu juga mengakibatkan gatal-gatal,” jelas Nawi, Senin (30/8/2021).

Mat Nawi juga mengakui bahwa pasca tercemarnya air parit tersebut, pihak Perusahaan memberikan tong untuk penampungan air bersih tapi percuma karena juga tidak dipakai.

“Perusahaan memang memberikan tong untuk air bersih tapikan percuma, mau nyedot airnya dari mana, karena satu-satunya sumber air yang ada di tempa kami itu cuma di parit yang tercemar itu,” kata Mat Nawi dengan nada kesal.

Baca Juga : Bapak Keluarga Hamdani Pontianak Timur, Minta Keadilan Kepada Pemkot Terkait Bantuan Sosial Dari Pemerintah.

Air Limbah Pabrik Yang Tercemar Ke Parit.

Sementara itu, Kades Kuala Mandor A,H. Munawi bahwa pihaknya sudah mengetahui hal itu dari laporan yang disampaikan oleh masyarakat sekitar.

“Berdasarkan dengan fakta yang ada, maka, saya selaku Kepala Desa hanya ingin mempertanyakan kepada pihak perusahaan terkait dengan Amdal nya dan yang jelas, saya sangat menyayangkan dengan adanya pencemaran limbah pengelolaan sawit milik PT. Pundi Lahan Khatulistiwa yang terjadi di pemukiman warga sekitar perusahaan tersebut,” jelas Munawi ketika ditemui disela-sela kesibukannya.

Munawi juga meminta kepada pihak Perusahaan untuk mengambil langkah tepat, seharusnya Karakter air limbah dari industri PKS di dalam air limbah yang dihasilkan di PKS, ada air limbah yang dihasilkan dari proses pembuatan CPO, ada air limbah yang mengalir bersama air hujan yang dihasilkan di lokasi penempatan TBS di dalam pabrik, ada air limbah yang merembes keluar ke lantai di dalam pabrik dari fasilitas produksi & pipa dll (ada juga yang tercampur dengan air hujan), ada air limbah dari fasilitas utiliti seperti boiler dll, dan ada air limbah umum dari kantor dan lainnya.

Pada pabrik yang umum, semua air limbah ini dijadikan dalam satu penampungan lalu diolah, namun dari sudut pandang sisi higienis minyak yang dikumpulkan atau jaminan kestabilan pengolahan air limbah, maka sebaiknya air limbah diolah secara terpisah. Ungkapnya.

[ S.Delvin.S.H ]

error: Content is protected !!