Patut di Contoh Kades Desa Sungai Enau, Kec. Kuala Mandor B, Kab. Kubu Raya, Bekerja Dengan Penuh Amanah Kepada Masyarakat.

Patut di Contoh Kades Desa Sungai Enau, Kec. Kuala Mandor B, Kab. Kubu Raya, Bekerja Dengan Penuh Amanah Kepada Masyarakat.

Mitragalaksi.com, Kubu Raya, Kalbar. Kunjungan Media mitragalaksi.com di kediaman rumah Kepala Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. (5/9/21).

Desa Sungai Enau adalah salah satu desa yang bersinggungan langsung Dengan Kebun Kelapa Sawit Terbesar Se KALBAR yakni PT. BPK dan 6 Desa yang berada di Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

Awak media online mitragalaksi.com, menanyakan rumah atau kediaman Kepala Desa Sungai Enau Bapak Rajali serasa tidak percaya melihat rumah kediaman beliau yang beralaskan papan dan dinding papan jauh dari kata layak.

Saat mengkonfirmasi Kepala Desa Rajali mengatakan “Saya menjadi Kades atas usulan masyarakat jadi saya betul-betul mengabdi memperjuangkan masyarakat Desa Sungai Enau, Setiap ada anggaran ADD, DD, dan kucuran dari Pemkab Kubu Raya saya selalu transparan dan terbuka kepada warga Desa Sungai Enau dan selalu terbuka ungkapnya”

Saya menjabat jadi Kades semenjak tahun 2016 dan berakhir pada tahun 2022 nanti, saya berpesan siapun yang terpilih nanti menjadi Kades Desa Sungai Enau agar selalu transparan dan jujur, tidak main dibelakang supaya tidak membunuh karakter calon kades nanti hal ini akan menentukan proses yang baik dalam demokrasi jujur, adil dan transparan “paparnya”.

Baca Juga : Gubernur Kalbar Hadiri Vaksinasi Dosis Kedua Perkumpulan Merah Putih Kalbar Di Masjid Raya Mujahidin.

Tampak Rumah Kediaman Bapak Rajali Kades Sungai Enau. (5/9/21).

 

Perlu  diketahui Wilayah Desa Sungai Enau dilintasi garis khatulistiwa beriklim tropis, Terletak pada Ketinggian 3 m dari permukaan laut dengan suhu rata-rat 250C, dengan iklim dua musim yaitu musim hujan dan kemarau.

Adapun Dengan jumlah penduduk pada Tahun 2015 berjumlah 5234 jiwa dengan pembagian penduduk Laki-laki berjumlah 2597 Jiwa dan perempuan 2639 jiwa dengan Jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1.503 Kepala Keluarga (KK).

Batas wilayah Desa Sungai Enau
Sebelah Timur berbataskan dengan Sungai Desa Retok
sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sungai malaya
Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kubu Padi dan
Sebelah Selatan berbatasan dengan desa kuala mandor B,

Luas Wilayah Desa Sungai Enau berkisar +78.365.39 KM², dengan sebagian besar wilayahnya 20% yang belum dikelolah/ hutan lindung, 35% dipergunakan untuk pemukiman dan 45% untuk perkebunan dan lahan pertanian.

Struktur Organisasi Pemerintahan DESA SUNGAI ENAU terdiri dari :

Kepala Desa, Rajali, Sekretaris Desa, Fransiskus Welly, Kaur Keuangan, Shobri, S.Pd., Kasi Pemerintahan Ahmad, Kaur Perencanaan M.Jabbar.

Sebagai mitra kerja Kepala desa, jaga terbentuk badan Permusyawaratan desa (BPD) yang terdiri dari 9 orang pengurus dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang terdiri dari 5 orang pengurus, Pemuda Karang Taruna Trisakti. Di samping itu juga terdapat pengurus kelompok tani, kelompok perempuan, dan kelompok pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya.

[ Hamidi ]

error: Content is protected !!