Plh Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, Melantik 287 Kades Terpilih Yang dihadiri Langsung Oleh Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH.

Plh Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, Melantik 287 Kades Terpilih Yang dihadiri Langsung Oleh Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH.

Mitragalaksi.com, Sintang, Kalbar. Pelaksana harian (Plh) Bupati Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si melantik 287 kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 di Indoor Apang Semangai pada Kamis, 7 Oktober 2021.

Pelantikan ini disaksikan dan dihadiri langsung Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH yang saat ini sedang izin cuti karena sakit namun tetap menghadiri kegiatan pelantikan ini.

Hadir juga unsur Forkopimda Kab. Sintang, unsur Pimpinan OPD, para Camat, para ketua BPD se-Kab. Sintang dan tamu undangan lainnya.

Seluruh kegiatan pelantikan mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Sebelum ikut pelantikan, para kades terpilih wajibkan untuk mengikuti tes swab antigen, baik kepala desa terpilih maupun Ketua BPD yang diundang untuk menghadiri pelantikan ini.

Baca Juga : BNNK Kubu Raya Ajak Tokoh Lintas Etnis Tanggap Ancaman Narkoba. 

Keterangan Foto : Pelaksana harian (Plh) Bupati Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si melantik 287 kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 di Indoor Apang Semangai pada Kamis, 7 Oktober 2021. Pelantikan ini disaksikan dan dihadiri langsung Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH.

287 kades yang diambil sumpah dan janji jabatan merupakan hasil Pilkades serentak pada 7 Juli 2021, yang diikuti 291 desa dengan 1. 023 calon kepala desa dari 14 kecamatan, ada 1005 Tempat Pemungutan Suara dan 188.820 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ada 20 desa di 6 kecamatan mengalami sengketa hasil Pilkades. 18 desa selesai di tingkat Kabupaten Sintang dan 2 desa masih lanjut ke Pengadilan Tata Usaha Negara di Pontianak yakni Desa Nanga Merkak dan Desa Tanjung Lalau.

Sebelum dilantik, kades terpilih wajib dites swab antigen. Dari 288 kades terpilih, ada satu orang yang dinyatakan positif. Sehingga yang dilantik hanya 287 orang. Satu orang kepala desa yang positif, pelantikannya ditunda, setelah sembuh baru akan dilantik tersendiri.

Dari 287 orang itu, 12 di antaranya merupakan kepala desa perwakilan perempuan. Selanjutnya, seluruh kepala desa yang dilantik akan mengikuti pengarahan dan pembekalan pada 11-12 Oktober 2021 di Gedung Pancasila.

[ Dny ]

Fokopim Sintang

error: Content is protected !!