Periode ke-2 Bursa Calon Wakil Lebih Diminati Ketimbang Bursa Calon Walikota Pontianak.

Periode ke-2 Bursa Calon Wakil Lebih Diminati Ketimbang Bursa Calon Walikota Pontianak.

Mitragalaksi.com, Pontianak, Kalbar. Silaturahmi jln ujung pandang dikediaman Ir. Hery Syamsuri, sedikit berbincang-bincang terkait periode ke 2. Bursa calon walikota, kepada wartawan mitragalaksi.com Jumat tanggal. 19/11/2021 Ir. Hery syamsuri menuturkan bahwa. 

Pola ini Ada sebuah pola menarik mengenai jabatan walikota pontianak, yaitu sejak reformasi dan jabatan walikota dipilih melalui DPRD dan selanjutnya dipilih langsung oleh rakyat melalui Pilkada.

Dimulai dari Bapak Buchary Abdurrahman yang mana masa bakti beliau pada periiode ke 2 menjadi walikota pontianak berakhir di tahun 2008, dan disaat itu wakil walikota adalah Bapak Sutarmidji.

Baca Juga : Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar Menggelar Press Relese Pemusnahaan Barang Bukti Narkoba.

Untuk Selanjutnya terpilih Bapak Sutarmidji menjadi walikota Pontianak untuk masa bakti tahun 2008 – 2013 dengan wakil walikota Bapak Paryadi, pada pilkada tahun 2013 terpilih kembali Bapak Sutarmidji menjadi walikota Pontianak untuk masa bakti tahun 2013 – 2018 dengan pasangannya sebagai wakil walikota yaitu Bapak Edi Rusdi Kamtono, dan Bapak Sutarmidji menjabat sebagai walikota Pontianak 2 periode.

Selanjut pada pilkada tahun 2018 sampai sekarang terpilih Bapak Edi Rusdi Kamtono menjadi Walikota Pontianak berpasangan dengan Bapak Bahasan sebagai wakil walikota untuk masa bakti 2018 – 2023.

Yang cukup menarik lagi adalah sejak reformasi, walikota pontianak menjabat sebanyak 2 periode, ini juga bisa diartikan bahwa kinerjanya bagus sehingga dipercaya untuk menjabat menjadi walikota selama 2 periode.
Dan imbasnya adalah wakil walikota pada periode ke 2 mengikuti pilkada dan menang.

Mengikuti pola inilah, yang mana tidak lama lagi Bapak Edi Rusdi Kamtono akan mengakhiri masa bakti, dan kemungkinan besar akan ikut serta kembali memeriahkan pesta demokrasi pilkada walikota pontianak periode berikutnya.

Melihat kinerja yang bagus, pembangunan dimana mana, serta sering mengunjungi masyarakat, humble, suka memberikan bantuan2 kepada masyarakat yang membutuhkan, dapat disimpulkan Bapak Edi Rusdi Kamtono mempunyai peluang yang sangat besar untuk melanjutkan kerja sebagai walikota pontianak untuk periode ke 2.

Pola pola inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menjadi wakil walikota ketimbang maju sebagai kandidat menjadi walikota.

Tinggal nanti Bapak Edi Rusdi Kamtono lebih cermat dalam menentukan siapa yang akan menjadi pasangannya. Carilah orang yang memang bisa bekerja sama dan besinergi baik dengan walikota maupun dengan dinas-dinas terkait, kecamatan, kelurahan maupun element-element penting di masyarakat.

[ Reni ]

error: Content is protected !!